Mengenal SQL Beserta Fungsinya Dalam Bahasa Pemrograman

Apakah anda ingin bekerja di bidang data atau structured query language atau SQL? Jika iya, maka bahasa pemrograman SQL wajib dikuasai sebagai dasar kemampuannya. Bahasa pemrograman ini paling banyak digunakan oleh pengembang web. Tak heran jika SQL juga menjadi salah satu materi yang diajarkan pada kursus pemrograman online. Untuk lebih lanjut, simak di sini!

Tentang SQL Pada Bahasa Pemrograman

Pada dasarnya, setiap bahasa pemrograman ini memiliki fungsi dan kegunaan yang cukup berbeda beda. Begitu juga dengan Structured Query Language atau yang lebih dikenal dengan sebutan SQL. Bahasa pemrograman ini dirancang secara khusus untuk mengambil informasi tertentu dari database.

Bahasa pemrograman yang satu ini menjadi populer dan sering digunakan karena sebagian perusahaan menyimpan semua data dalam database. Meskipun pada sebuah perusahaan menggunakan bahasa pemrograman lain seperti Python, biasanya anda juga membutuhkan SQL untuk mengambil informasi atau data data dari penyimpanan pusat.

Kegunaan SQL

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan SQL, maka anda perlu tahu siapa saja yang membutuhkan bahasa pemrograman yang satu ini untuk dunia industri. Bisa dikatakan jika SQL ini dibutuhkan di pekerjaan bidang data. Pasalnya, SQL ini merupakan bahasa pemrograman yang erat sekali hubungannya dengan data serta database.

Setidaknya, ada tiga pekerjaan membutuhkan skill yang satu ini dengan kemampuan yang mumpuni. Salah satu yang akan menggunakan kemampuan dalam SQL yaitu data scientist. Pekerjaan ini bertanggung jawab dalam membuat database, mengolah data, serta  menyajikan hal hal baru dengan produk data.

Produk data ini nantinya akan digunakan oleh perusahaan dalam hal penentuan kebijakan produksi. Data scientist membutuhkan skill SQL untuk menerapkan machine learning, pembersihan data dan lain sebagainya. Selain data scientist ternyata ada lagi pekerjaan yang membutuhkan keahlian SQL untuk menyelesaikan pekerjaan utama yaitu database administrator.

Pekerjaan ini membutuhkan keahlian SQL untuk bertanggung jawab di balik database. Database administrator (DBA) akan mengendalikan basis data perusahaan yang bisa diakses oleh beberapa orang tertentu yang sudah ditugaskan sesuai job description. Asalkan, seorang DBA ini menguasai skill bahasa pemrograman SQL.

TaK berhenti sampai di situ saja, ternyata big data architect juga memerlukan keahlian SQL. Pekerjaan big data architect ini merupakan seseorang yang bertanggung jawab membuat sebuah produk untuk mengelola sejumlah data yang bisa dikatakan sangat besar. Pekerjaan ini akan berkecimpung dalam hal database dalam pekerjaannya sehari hari.

Belajar SQL

Sebenarnya, structured query language atau SQL ini bisa dikatakan lebih mudah dipelajari jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, seperti C++, PHP, dan lain sebagainya. Namun, tak jarang ada aspek aspek tertentu yang memerlukan pemahaman khusus. Tak heran jika penyedia kursus online untuk SQL dapat ditemukan dengan mudah.

Jika anda tertarik untuk mempelajari SQL, maka anda bisa belajar dari situs dan kelas online seperti Nextgen. Kelas ini akan dibawakan langsung oleh instruktur yang sudah profesional di bidangnya, termasuk di bidang data dan juga IT. Jadi, para peserta bisa bertanya jawab langsung dengan para profesional terkait dengan bahasa pemrograman.

Dapat disimpulkan, SQL menjadi salah satu bahasa query yang digunakan untuk mengambil informasi dari database. Bahasa pemrograman ini sangat dibutuhkan bagi seseorang yang bekerja di bidang data. Jika ingin menguasai skill SQL, maka anda bisa bergabung dengan kursus online Nextgen. Tertarik? Yuk, segera daftar sekarang juga untuk menguasai berbagai skill bahasa pemrograman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *